Semangat ‘A!

waladun

Tulisan ini adalah pengalaman lanjutan dari tulisan saya sebelumnya dimana saya hanya menceritakan tahun pertama sebagai mahasiswa S2 di Wroclaw University of Technology, Wroclaw, Poland. Ujian hidup terasa bertambah ditahun kedua karena tahun ini saya harus benar-benar membayar kuliah saya 4000 euro sendiri, namun Alhamdulillah pihak universitas masih mau memberikan pengurangan biaya kuliah pertahun setengahnya sehingga saya hanya harus membayar 2000 euro. Uang bulanan beasiswa sebesar 250 euro tentu saja tidak masuk akal dikarenakan uang tersebut digunakan untuk biaya sehari-hari dan biaya sewa asrama mahasiswa. Ditambah lagi, professor hanya dapat membantu pada tahun pertama dan selebihnya harus ditanggulangi oleh kita sendiri. Problem fisika teori yang diberikan menjadi semakin rumit dan sungguh menguras akal dan tenaga.

Ada beberapa hal yang ingin saya bagi dengan teman-teman, pertama problem bila kita ditimpa kesulitan keuangan dan hidup, kedua problem menghadapi persoalan hidup yang kita belum tahu jawabannya. Dalam menghadapi problem pertama, mungkin pengalaman saya…

View original post 352 more words

About jurnalazi92

Semua yang ada didalam tulisan ini, semata-mata saya tulis karena saya senang menulis.
This entry was posted in PROSES!. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

