Resep Hidup Aa’

Assalamualaikum wr wb

Mungkin dalam hidup teman-teman semua memiliki beberapa heroes atau bisa dibilang sebagai panutan ataupun juga memiliki anti-heroes. Didapat dari perkataan gitaris RATM, Tom Morello ketika ia dinobatkan menjadi 40 best guitarist oleh majalah Rolling Stone. Ia mengaku didalam hidupnya tidak memiliki panutan, heroes tetapi lebih menamakan mereka sebagai anti-heroes yang bisa memengaruhinya untuk berkarya. Ada perbedaan sedikit antara 2 kata miring diatas. Mungkin dalam tokoh perkomikan, heroes adalah segala hal yang ideal dan memiliki kesempurnaan. Ciri protagonis yang selalu dimunculkan apabila kita berbicara heroes. Lain halnya bila kita berbicara tentang anti-heroes. Ini bisa dikatakan sama  dengan manusia pada umumnya yang memiliki kekurangan dalam segi hidupnya tetapi tentunya ia memiliki kontribusi terhadap lingkungannya. Dan juga bukan berarti kata anti ini termasuk penegasian dari sifat hero yang protagonis. Sama sekali bukan. Sekarang terserah teman-teman sekalian ingin mengklasifikasikan apa panutan teman-teman.

Dan yang ingin saya bagikan disini adalah sebuah resep hidup yang selalu dipakai kakak tercinta, Wildan Abdussalam. Bisa dibilang, ia adalah sosok anti-heroes bagi saya. Sebagai kakak yang penuh dedikasi terhadap keluarga, ia selalu memberikan contoh yang terbaik bagi adik-adiknya dan saya nobatkan ia adalah sosok yang paling sholeh dari 3 bersaudara ini.

Tidak banyak resep yang ia bagikan kepada saya, hanya empat kata, yaitu mimpi, jalanin, tekun, dan ridho. Kata-kata tersebut saya yakin sudah teman-teman temui dimana-mana. Di dalam pembelajaran, di dalam buku motivator ulung, di dalam pengajian, dll. Kita mulai dari yang pertama. Mimpi

Saya sangat setuju ketika orang berkata, “Segala sesuatu itu dimulai dari mimpi.”. Dari mimpi lah kita pertama mengolah imajinasi yang berada di dalam alam bawah sadar. Dan saya berpesan, latihlah imajinasi teman-teman karena ini sangat penting bagi kelangsungan hidup teman-teman. Bisa saya katakan hidup dengan imajinasi itu INDAH. Ya, salah satunya dengan bermimpi. Bermimpi lah bak John Lennon yang bertekad mengalahkan Elvis Presley di usia remajanya. Atupun Chris John ketika memegang sabuk kejuaraan kelas bulu internasional. Ya, bermimpi lah.

Yang kedua, Jalanin. Setelah bermimpi mungkin kita ingin membawa mimpi itu ke alam sadar kita. Dengan usaha lah kita bisa menjadikan mimpi itu menjadi kenyataan. Make it real!. Dan menurut saya, inilah tingkat yang paling berseni karena banyak jalan menuju roma. Banyak cara kreatif yang bisa dihadirkan, strategi jitu menghadapi segala rintangan, dll. Menikmati semua proses baik yang akan dihadapi ataupun yang akan teman-teman hadapi adalah hal yang menurut saya patut dihadirkan juga dalam menjalani proses ini.

Kita masuk ke kata yang ketiga. Tekun. Bertekun-tekun lah seperti yang dikatakan Sinar Dunia di dalam bukunya Practice Makes Perfect, bisa dikatakan sangat manjur bagi yang menjaninya. Banyak-banyak lah berlatih, mencoba, dan menggali sesuatu hal. Apa yang dilakukan Thomas Alfa Edison yang mengulang percobaannya sampai beribu-ribu kali untuk membuat sebuah lampu, cerita dari motivator-motivator yang pernah saya dapatkan tentang penolakan resep ayam goreng tepung yang sekarang menjadi restoran waralaba internasional, ataupun sisi positif yang bisa diambil dari gigihnya tokoh Plankton untuk mengambil resep rahasia Krabby Patty. Tidak kenal menyerah.

Dan terakhir Ridha. Sekarang kita hanya tinggal menunggu buah dari ketiga proses diatas. Berhasil atau tidak apa yang kita telah diusahakan, kita ridha-kan saja. Karena baru saja saya mendapat pelajaran tentang Akidah dan Akhlak dari seorang ustadz. Beliau berkata bahwasannya Ridha adalah salah satu dari tiga unsur Akidah seseorang. “Satu saja tidak ada maka rusak lah akidah kita.”, begitulah ungkapnya

Ya, itulah uraian singkat dari saya. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Jikalau ini terasa jelek dalam memotivasi teman-teman mohon maafkan saya. Dan terakhir untuk Aa’. Pulanglah ke Bandung dengan segera, sukses ISMOA 2011 nya.

 

About jurnalazi92

Semua yang ada didalam tulisan ini, semata-mata saya tulis karena saya senang menulis.
This entry was posted in they whisper, we explode!. Bookmark the permalink.

3 Responses to Resep Hidup Aa’

  1. idan says:

    mantab men tulisannya :D….subhanallah…aa mah teu bisa nulis siga kieu😀

Leave a Reply

