Hari Merdeka!

Selasa kemarin, (16/08) baru saja saya mengikuti mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Sudah bisa ditebak tentunya apa yang disampaikan dalam mata kuliah tersebut dengan merujuk tanggal diatas. Ya, adalah kemerdekaan bangsa ini, Republik Indonesia yang diperbincangkan dengan kalut pemerintahannya yang semakin menjadi-jadi. Dengan tema tersebut ditengah keadaan bangsa ini, dosen pun membesarkan hati kami untuk selalu memiliki perspektif untuk dapat merubah kebobrokan di segala aspek bangsa ini.

Kalimat terakhir diatas mungkin teman-teman sudah ataupun akan mendengar tentang tiga peran mahasiswa sesungguhnya. Dan yang dimaksudkan diatas untuk  menjadi agen perubahan. Sadar atau tidak sadar ternyata sebagai mahasiswa, kami dituntut untuk membawa hal tersebut. Tinggal bagaimana kami semua menyikapinya.

Dan tidak ketinggalan topik tentang penangkapan orang paling dicari di Interpol, Nazarrudin. Menurut saya, penangkapannya yang terjadi di minggu-minggu ini seperti hadiah menjelang kemerdekaan bangsa ini yang direncanakan oleh orang-orang terkait sekaligus menjadi bahan pidato  kepresidenan yang paling tepat di hari kemerdekaan dengan isi (lagi-lagi) memberantas korupsi. Tidak pernah habis karena sudah mendarah daging apabila kita membahas itu semua.

Dan juga terkait dengan kesaksian yang dibuat oleh Nazaruddin yang saya tidak tahu benar atau tidaknya. Tapi menurut analisis gampangan adalah dengan membandingkan aset yang dimiliki partainya, partai biru membandingkan dengan partai kuning adalah hampir sama. Tetapi lamanya kedua partai tersebut aktif sungguh berbeda jauh. Hoho, darimana itu semua?

Tetapi dengan meresapi kembali sebuah perjuangan bangsa ini di tahun-tahun sebelum kemerdekaan tentang bagaimana  bangsa ini berdiri sendiri tanpa penjajah, kita akan selalu memupuk nilai-nilai luhur tentang makna kemerdekaan dengan tidak mencampakkan segala darah perjuangan bangsa ini di zaman itu.

Sudah saya dan teman-teman saksikan bagaimana para pemuda selalu mendapat tempat yang berpengaruh terhadap bangsa ini. Mungkin kita adalah bagian dari para pemuda tersebut. Tanamkanlah bahwa pemuda lah yang kelak akan bertanggung jawab untuk negeri ini. Tanpa semangat kepemudaan untuk perubahan, mustahil lah negeri ini bebas dari busuk daging korupsi.

Dan terakhir di hari kemerdekaan ini adalah sedikit tentang bagaimana sejarah pergerakan ulama-ulama di Indonesia yang terkubur oleh rezim orde baru yang serba militer. Sebagai contoh, ciri dari historiografi nasional yang dibentuk selama masa Orde Baru adalah sentralitas negara yang diejawantahkan oleh militer. Sejarah nasional disamakan dengan militer dan produksi sejarah dikendalikan oleh negara dan militer. Beberapa dampaknya cerita tentang revolusi nasional akhirnya memfokuskan pada peran menentukan dari militer dengan menyingkirkan pelaku sejarah yang lain(1). Yang seharusnya kita tahu adalah dari kekuatan aqidah lah akan menjadi nasionalisme sekaliber baja. Satu contoh adalah Jenderal Sudirman. Beliau memulai dengan ELS (Europeesche Lagere School) setingkat dengan sekolah dasar dan MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) setingkat SLTP, tetapi MULO saat itu merupakan tingkat tertinggi setara SMU sekarang. Dan ketika beliau mengenyam pendidikan tinggi di Belanda, ternyata beliau sering mengunjungi surau untuk mendalami Islam sampai-sampai beberapa temannya memanggil beliau “Haji”dan beliau memang aktif menjadi guru mengaji. Dari situlah saya menarik kesimpulan bahwasannya untuk memperjuangkan negeri ini beliau tidak hanya memadukan strategi cerdas dalam berperang tetapi lebih dari itu beliau memiliki kekuatan aqidah yang mendalam sebagai dasar perjuangan untuk menggapai ridha Allah swt semata.

Dirgahayu ke-66 Republik Indonesia!

About these ads

About jurnalazi92

Semua yang ada didalam tulisan ini, semata-mata saya tulis karena saya senang menulis.
Gallery | This entry was posted in they whisper, we explode!. Bookmark the permalink.

One Response to Hari Merdeka!

  1. Lity says:

    Wew, udah lama ngga blogwalking. Nice post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s